5 Ciri Investasi Properti Yang Tidak Menguntungkan

Jika kamu ingin membeli tanah yang bagus di daerah yang strategis, maka biaya yang diperlukan untuk mendapatkannya jauh lebih tinggi daripada membeli tanah di daerah pedesaan. Namun, kamu tetap harus memperhatikan faktor lain seperti akses, insfrastruktur, dan lokasi agar rumah atau tanah tersebut menarik banyak orang. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan faktor fasilitas yang ada di sekitar lokasi, sarana transportasi, fasilitas publik, dan lokasi yang strategis. Lokasi yang kurang baik dan tidak strategis akan sulit menarik penyewa dan juga perkembangan harganya bisa sangat lambat dari rata-rata harga properti.

Kerugian bisnis properti

Bisnis homestay juga merupakan salah satu bisnis properti yang menyewakan suatu properti dengan harga murah. Mencari rumah untuk homestay cukup mudah, Anda bisa memanfaatkan rumah kerabat, teman yang tidak digunakan dan tidak terawat di kawasan pendidikan dan business. Untuk promosi, Anda bisa melakukan iklan melalui Koran atau social media untuk goal market Anda. Meskipun pembenahan terus menerus dilakukan, dengan harapan perkembangan sektor properti yang terus meningkat, namun kerugian saat ini tetap tidak bisa dihindari.

Tentu saja dalam kerjasama kedua belah pihak harus saling diuntungkan. Mengingat harga tanah setiap tahun naik maka akan lebih menguntungkan jika dijaminkan untuk investasi. Belum lagi jika diatas tanah tersebut sudah dibangun sebuah property yang memiliki nilai jual tinggi, maka harga tanahnya juga akan menjadi berlipat ganda. Untuk itu sangat penting bekerjasama dengan pengembang yang sudah berpengalaman atau minimal sudah terkenal di pasar property. Cara menjual tanah dengan hasil yang maksimal yaitu jangan menunjukkan bahwa anda sedang butuh uang cepat. Usahakan mencari pembeli yang niatnya untuk urusan bisnis atau mudahnya cari seorang pengusaha besar yang bisa membeli tanah anda dengan harga tinggi.

Pandangan itu disampaikan pengamat properti Agus Kriswandi Basyari, Selasa (17/11). Menurutnya, salah satu imbas pandemi adalah stok rumah yang dimiliki pengembang menjadi sulit terjual karena menurunnya daya beli masyarakat. Karena itu, para pengembang harus memiliki terobosan jitu untuk bisa menarik minat beli konsumen, terutama masyarakat yang masih memiliki simpanan uang dan berniat membeli rumah. Menurut dia, pelaku-pelaku bisnis yang memiliki bioskop, mal, hotel, bangunan atau aset properti apapun yang sifatnya lokasi fisik dipastikan mengalami kerugian signifikan.

Harus bisa memiliki taktik dan pertimbangan yang baik dalam menentukan lokasi, karena jika salah pertimbangan maka ketika akan di jual maka akan sepi peminat. Dengan kata lain, tanah yang akan dijadikan investasi harus bebas dari sengketa apapun dan nama pemilik tanah harus sesuai dengan yang ada di sertifikat. Namun, bukan berarti tidak ada risiko dan faktor-faktor yang perlu diteliti dengan saksama saat akan berinvestasi properti. Risiko Usaha adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam suatu usaha properti. Beberapa risiko yang dapat terjadi, usaha bisnis di propertidi properti tidak berjalan/ terhenti sementara dikarenakan adanya pressure majeure.