Ketahui Apa Yang Sebaiknya Dan Tidak Anda Lakukan Di Hari Pertama Kerja

Kesan buruk tentu akan melekat jika Anda datang terlambat di hari pertama kerja. Jangan sampai kesan buruk ini terus melekat sepanjang kariermu. Hari pertama masuk kerja biasanya memberikan euphoria tersendiri baik bagi freshgraduate yang baru kerja pertama kali ataupun bagi mereka yang baru saja pindah dari kantor lamanya. Maka dari itu banyak yang merasakan grogi berlebihan saat akan berangkat ke kantor di hari pertama kerja. Untuk itu simak beberapa ideas Judi Online berikut ini agar dapat tampil maksimal di hari pertama kerja. Bila perlu, cek semua media sosial yang dimiliki perusahaanmu untuk mengenal lebih jauh tentang lingkungan kerjamu.

Bagi seorang fresh graduate, pekerjaan pertama adalah hal yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Setelah lulus tahap seleksi dan mendapat surat penawaran kerja, para new comers pasti menunggu-nunggu hari pertama mereka di kantor. Sebagian besar akan merasa antusias, mulai dari berbelanja pakaian baru, membeli perlengkapan kantor, dan hal-hal lain sebagai persiapan. Namun, yang menjadi permasalahan adalah ketika tidak sedikit dari mereka yang merasa gugup dan jadi salah tingkah sehingga menimbulkan kesan buruk di hari pertama kerja.

Beberapa tips untuk bekerja di hari pertama

Pasang alarm banyak-banyak, tidur lebih cepat — yang penting pastikan jangan datang terlambat di hari pertama. Untuk itu, jika di hari pertama Anda sudah mendapatkan tawaran makan siang bersama maka makanlah dengan porsi yang sewajarnya. Walaupun mungkin kamu tahu lebih banyak tentang bidang pekerjaan tersebut, tidak ada salahnya untuk banyak mendengar terlebih dahulu. Dengarkan penjelasan dari orang-orang yang lebih senior untuk memberikan penghargaan kepada mereka. Jika kamu terlihat sok tahu, karyawan lain, terutama yang lebih senior, mungkin akan memberikan pandangan negatif terhadap dirimu. Setelah mendengarkan dengan seksama, berilah tanggapan/masukan dengan cara yang positif sehingga orang lain merasa terbantu dan bukannya merasa buruk.

Pemerintah Indonesia mengatur ketentuan jam kerja yang boleh diterapkan oleh perusahaan-perusahaan dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No.thirteen Tahun 2013. Mulailah berkomunikasi dengan rekan kerja sejak hari pertama Anda masuk. Untuk mempermudah proses adaptasi dengan lingkungan kerja, libatkan diri Anda di berbagai kegiatan. Tips yang kedua yaitu menggunakan pakaian yang sesuai dengan ketentuan. Selain membuat aktivitas kerja menjadi nyaman, kamu juga akan terhindar dari cibiran teman satu ruangan karena kebersihan mejamu.

Kuncinya, fokus selesaikan satu tugas di satu waktu sebelum beralih ke proyek berikutnya. Dengan mengadakan acara seperti ini, perusahaan akan memberikan kesan menyambut karyawan tersebut kembali pada rutinitasnya sehari-hari. Biasanya di hari pertama bekerja, kita mencoba memberikan pencitraan yang baik dengan menunjukkan semangat giat bekerja. Dalam hal kerja di hari pertama, jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja sangat keras demi pencitraan yang baik. Lebih baik Anda bekerja sesuai kemampuan Anda dengan penuh konsentrasi. Rekan kerja Anda akan mengerti bahwa Anda baru di perusahaan dan jangan lupa untuk tingkatkan kinerja Anda sejalan dengan waktu.

Bekerja dengan baik dan optimum, maksimalkan potensimu, dan raih keberhasilan yang kamu inginkan. Kecuali pendapat Anda secara eksplisit diminta, simpan untuk diri Anda sendiri saat memulai pekerjaan baru. Menjadi orang yang tahu segalanya tidaklah mengesankan, jadi pelajari semua yang perlu diketahui sebelum mencoba untuk membanggakan diri. Tentunya tidak perlu diingatkan lagi bahwa Anda tidak boleh telat di hari pertama. Hal tersebut sama pentingnya dengan tidak datang terlalu awal, karena umum bagi tempat kerja untuk meminta Anda datang sedikit lebih siang agar mereka dapat bersiap-siap. Apabila Anda datang sebelum mereka siap, hal itu dapat membatasi persiapan rekan-rekan Anda dan hasilnya Anda hanya menunggu mereka dengan canggung.

Untuk membantu efektivitas manajemen, dibentuk lini pertahanan kedua, yang bertugas untuk memantau pelaksanaan pengendalian intern pada waktu-waktu yang ditentukan. Ada berbagai nama dalam praktik penerapan konsep ini, seperti unit kontrol intern, unit kepatuhan, unit manajemen risiko, unit legal, dan lain sebagainya. Fungsi ini di lingkungan inner Kementerian Keuangan dilaksanakan oleh Unit Kepatuhan Internal . Menurut Crosbie & Moore , bekerja dari rumah berarti pekerjaan berbayar yang dilakukan terutama dari rumah . Bekerja dari rumah akan memberikan waktu yang fleksibel bagi pekerja untuk memberikan keseimbangan hidup bagi karyawan.