Strategi Bisnis Dimasa Pandemi, Penawaran Secara Online Sudah Menjadi Keharusan

Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa memaksimalkan peluang dengan melebarkan bisnis mu melalui on-line channel seperti mulai menjual produk mu di website, berbagai marketplace, dan sosial media agar produkmu lebih mudah menjangkau pelangganmu. Dengan membuka toko mu melalui on-line channel, kamu juga bisa membuka tokomu 24 jam sehingga pelanggan dapat mengunjungi tokomu kapan pun dan dimana pun. Menciptakan inovasi produk berdasarkan kebutuhan adalah salah satu strategi bisnis untuk bertahan di tengah pandemi. Permintaan masker kain yang meningkat selama pandemi membuat banyak pemilik bisnis dari segala bidang banting setir menciptakan produk-produk yang diperlukan masyarakat. Pelaku bisnis makanan pun beralih menyediakan catering, hingga frozen meals yang dapat disimpan sebagai stok bagi para pelanggannya.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Dua produk itu juga masih berhubungan dengan pasar kami yaitu kebutuhan anak-anak. Pandemi COVID-19 yang telah melanda dunia sejak awal 2020 telah memberikan dampak yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah . Untuk meminimalisir kerugian yang terjadi, berikut ini beberapa strategi agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik selama wabah COVID- 19.

Bicara tentang talent wirausaha, akan berkaitan dengan bagaimana kita berjuang untuk mengembangkan usaha tersebut. Bob Sadino pernah mengatakan bahwa sebesar-besarnya gaji kita di suatu perusahaan, tetap saja kita seorang karyawan. Sekecil-kecilnya penghasilan usaha, jika usaha itu milik kita sendiri, maka kita lah pengusahanya. Jadi intinya dari kalimat tersebut adalah posisi sebagai pengusaha itu lebih tinggi daripada karyawan. Karena pengusaha tidak hanya akan menghidupi diri sendiri, namun juga orang lain.

Baik itu melalui website, e mail, media sosial, push notification maupun pesan dalam aplikasi. Setelah itu, Anda dapat mengelompokkan topik atau kata kunci yang mereka minati agar bisnis Anda dapat memberikan konten yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka saat ini. Karena itu Anda memerlukan strategi pemasaran ditengah wabah covid-19 yang tepat untuk produk Anda.

Saat badai pandemik ini menghilang pun bukan berarti semua langsung kembali ke keadaan seperti sedia kala. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya pandemik ini telah mengubah banyak sektor kehidupan saat ini, untuk itu tentu diperlukan proses adaptasi bisnis yang baik agar bisnis Anda dapat tetap berjalan dengan lancar. “Perlu kehatian-hatian menjaga diri, bisa menjadi jalan untuk masuk surga. Dengan segala kesibukan, semoga kita menjadi bagian dari orang yang mendapatkan petunjuk Allah,” sarannya. Di masa pandemi covid-19 ini, berdagang harus distrategikan dengan eksta dan luar biasa. Sekarang ini online bukan lagi pilihan, namun sekarang sudah menjadi keharusan.

Berikut strategi yang dapat dilakukan agar bisnis bisa berjalan lancar di tengah wabah Covid 19. Situs ini mengandung konten, komentar, dan opini dari pengguna sebagai sumber informasi. Jenius hanya memberikan atau merekomendasikan solusi berdasarkan informasi yang diterima; Jenius tidak menjamin setiap masalah yang disebabkan oleh faktor tidak terperinci dalam percakapan atau forum diskusi.

Kompetisi pasar yang tinggi membuat usahawan harus mengatur strategi yang tepat agar dapat dilirik oleh pembeli. Apa lagi, baik dalam media sosial maupun marketplace, ada yang dinamakan algoritma. Ini menentukan apakah toko Anda bisa terlihat secara luas oleh calon pelanggan. Nyatanya, kemungkinan produk atau model Anda akan kurang terdengar dan berkembang sangatlah besar disebabkan munculnya produk yang sama dengan harga yang bisa jadi lebih murah.

Buatkan berbagai foto produk Anda untuk ditayangkan di media promosi on-line yang tersedia. Foto harus menarik dan menampilkan kondisi produk atau jasa dan layanan bisnis Anda. Lengkapi deskripsi yang jelas dan element agar mendorong pelanggan untuk langsung melakukan pembelian. Lengkapi pula fitur-fitur lain yang memungkinkan pemasaran digital bisa berjalan dengan baik. Perubahan strategi bisnis turut mengubah strategi pemasaran perusahaan di masa pandemi.

Strategi pemasaran destinasi pariwisata dalam buku saya terdiri dari 4 macam, yaitu segmenting & concentrating on, positioning, branding dan selling. Ke-empat hal tersebut saya sebut strategi karena digunakan sebagai cara untuk mencapai tujuan pemasaran secara jangka panjang yang akan menjadi arahan terhadap keputusan taktis yang biasa disebut dengan advertising combine. Nah, untuk itu saya ingin berbagi insight mengenai ke-empat strategi tersebut beserta marketing mix-nya.