Syarat Umkm Jadi Motor Ekonomi Harus Tahan Banting, Begini Caranya

Harga yang tercantum di situs internet Asura dapat berubah dan dapat bervariasi tergantung pada metode pembayaran yang dipilih. Kami terus berupaya memberikan informasi terkini tentang produk dan premi di situs web Asura, tetapi kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi harga yang tercantum di Asura. Tidak ada yang tahu bagaimana dunia akan berubah ketika Covid-19 akhirnya selesai.

Mempertahakan bisnis disaat pandemi

Semakin Anda mengetahui apalagi tren saat ini dan menjual produk tersebut dengan harga miring, tentu ini akan dilirik oleh masyarakat. Bisnis selama pandemi memang tengah gencar digalakkan oleh semua lapisan masyarakat. Mulai dari masyarakat berbisnis masker, hand sanitizer, dan lain lain demi bertahan di masa pandemi ini. Namun, selain banyak pemula bisnis baru, banyak juga pengusaha lama yang berusaha keras mempertahankan bisnis mereka.

Namun, sangat mungkin bahwa banyak interaksi yang biasanya dilakukan secara langsung sebelum pandemi akan terus terjadi di lingkungan yang didominasi digital. Plus, ada banyak strategi terbukti yang dapat Anda terapkan untuk terus menciptakan nilai tambah pada bisnis, bahkan ketika sumber daya Anda sangat terbatas. Masa sulit membuat lebih sulit untuk meminjam, dan pinjaman untuk usaha kecil sering menjadi yang pertama merasakan tekanan, terutama untuk bisnis dengan peringkat kredit yang buruk.

Pasalnya, mayoritas dari usaha mikro ini kebanyakan di sektor informal. Apalagi, Jahja menambahkan, di saat pandemi ini banyak lulusan politeknik, SMK, dan universitas yang tidak tertampung. “Lebih baik mereka kembali ke daerah masing-masing dan Judi Online menjadi motor UMKM di sana sehingga UMKM kita menjadi lebih tangguh dan memiliki manajerial yang lebih baik. Dan digitalisasi juga akan lebih cepat terjadi karena generasi muda ini yang akan membawa perubahan ke daerahnya masing-masing,” ujar Jahja.

Tapi tak lupa juga untuk selalu menjaga kualitas produk Anda meskipun ada pengurangan biaya produksi. Arus kas atau cashflow adalah unsur paling penting saat menjalankan usaha. Dalam situasi saat ini, Anda harus mengelola uang tunai secara optimal. Jaga arus kas untuk selalu positif, karena pengelolaan arus kas dapat menentukan keberlangsungan hidup bisnis Anda.